BATTERY CHARGER 12 volt

by Juhadi Kulon Progo , at 02.31.00
BATTERY CHARGER 12 volt - Hallo sahabatku, Elektronika Analog dan Digital, Kita jumpa lagi di hari ini, . Pada Artikel ini. saya akan coba bagikan sebuah artikel dengan judul BATTERY CHARGER 12 volt, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk sekedar berbagi saja ya.... siapa tau didalam isi artikel in bermanfaat buat anda. Kami berharap isi postingan Artikel Skema Elektronika, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Baca juga



Sebuah desain yang sangat sederhana untuk menjaga arus puncak baterai Ini adalah pengisi baterai  yang sangat sederhana untuk menjaga baterai agar selalu  terisi penuh.  Skema ini memilki 7 macam komponen dalam pembuatannya. Komponen tersebut merupakan komponen elektronika yang mudah didapatkan dipasaran di Indonesia. Sehingga kita tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkannya.


Rangkaian pengisi baterai ini memang sangat sederhana karena rangkaian ini dirancang untuk menstabilkan tegangan aki atau dengan kata lain menjaga agar aki selalu dalam keadaan penuh. Pengisi baterai ini dapat dihubungkan selama berbulan-bulan tanpa dilepas dari sumber tegangan listrik input. Kerena tegangan output pada charger ini sudah disetel sesuai dengan ambang batas maksimum tegangan baterai yang di isi. Sehingga tidak menyebapkan kerusakan pada baterai yang di isi.

Akan tetapi jika anda mengisi baterai pada tegangan yang hamper habis saya sarankan untuk menggunakan charger yang cocok untuk mengisi baterai ini. Karena charger ini hanya mengalirkan arus listrik dalam jumlah kecil, sehingga jika digunakan untuk mengisi baterai yang hamper habis tegangannya maka membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa mencapai tegangan puncak atau sampai baterai penuh sempurna.

Charger ini bisa digunakan untuk mengisi baterai 12 volt dari tipe baterai kering hingga baterai basah untuk mobil. Dari daya 1,2 Ah sampai dengan 45Ah. Namun sekali lagi ini hanya cocok untuk menjaga agar baetai tetap dalam keadaan penuh dan bukan dirancang untuk mengisi baterai kosong. Walaupun bisa juga dipakai untuk charger baterai yang sudah kosong tetapi akan memakan waktu yang sangat lama untuk bisa mengisi secara penuh.

Pada skema charger ini memiliki output tegangan 13, 2 volt dengan input tegangan anatara 15 hingga 18 volt. Dengan arus 0.5 hingga 1 Ampere. Dalam pemasangan IC 7812 anda harus memasang plat pendingin aluminium pada badan IC karena komponen ini akan dilewati arus listrik yang besar dalam proses pengisian baterai ini.


Klippingku, info seputar elektronika, komputer, teknologi dan pertanian : BATTERY CHARGER 12 volt:  

Itulah tadi Artikel BATTERY CHARGER 12 volt
Semoga artikel BATTERY CHARGER 12 volt yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya... , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel yang sengaja kami pilihkan pada halaman di bawah ini juga tertarik untuk membacanya. Jika anda tidak sedang terburu buru saya akan merasa sangat bahagia jika anda berkenan mampir dulu pada beberapa artikel yang telah saya pilih kan dibawah ini.

Terimakasih kami ucapkan karena atas kunjungan anda dihari ini pada artikel BATTERY CHARGER 12 volt dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong ya dibagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang hal ini, bagikan artikel ini dengan alamat link http://tutorelektro.blogspot.com/2016/04/battery-charger-12-volt.html
Juhadi Kulon Progo
About
BATTERY CHARGER 12 volt - written by Juhadi Kulon Progo , published at 02.31.00, categorized as Skema Elektronika
Comment disabled
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->