Cara Melakukan SMD Soldering Menggunakan Besi solder

by Juhadi Kulon Progo , at 22.39.00
Cara Melakukan SMD Soldering Menggunakan Besi solder - Hallo sahabatku, Elektronika Analog dan Digital, Kita jumpa lagi di hari ini, . Pada Artikel ini. saya akan coba bagikan sebuah artikel dengan judul Cara Melakukan SMD Soldering Menggunakan Besi solder, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk sekedar berbagi saja ya.... siapa tau didalam isi artikel in bermanfaat buat anda. Kami berharap isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Baca juga



Anda tidak perlu peralatan mewah untuk melakukan SMD solder di rumah. Anda bisa dengan mudah melakukannya dengan menggunakan solder.
SMD adalah singkatan dari Surface Mount Device dan mereka adalah komponen yang Anda solder di permukaan papan sirkuit.
Biarkan saya membimbing Anda melalui cara melakukan pemateri SMD dengan solder.
SMD adalah singkatan dari Surface Mount Device dan menunjukkan bahwa komponen tersebut terpasang di permukaan papan sirkuit berbeda dengan komponen melalui lubang yang dipasang di lubang.
Ini adalah alat solder yang harus Anda miliki agar komponen permukaan solder permukaan:
  • Solder besi (gunakan tip tipis jika sudah)
  • Pateri
  • Fluks solder (berguna, tapi tidak perlu)
  • Pinset
  • Mikroskop atau pembesar

Bagaimana solder resistor mount permukaan

Solder sebuah resistor adalah cara termudah untuk mulai belajar SMD solder.
Mulailah dengan menerapkan fluks ke satu pad pada papan sirkuit. Fluks membersihkan pad dan memudahkan pateri untuk kencangkan dengan benar.
Oleskan beberapa solder ke ujung Penanas Anda dan sentuh bantalan papan sirkuit dengan ujungnya sehingga beberapa solder masuk ke bantalan.
Tempatkan resistor di tempatnya memegangnya di sana dengan sepasang pinset saat Anda menyentuh ujung solder sehingga memanaskan komponen dan bantalan papan sirkuit.
Penghambat sekarang harus diikatkan pada satu sisi. Oleskan solder ke ujung solder lagi dan sentuh ujung pemanas di sisi lain.
Resistor Anda sekarang sebaiknya berjalan baik, tapi Anda mungkin ingin memeriksa sambungan solder dengan mikroskop atau pembesar Anda untuk memastikan sambungannya baik.
Bagaimana cara menyolder  Surface of Mountain Chips |
Metode untuk solder permukaan mount chip sangat mirip dengan metode untuk menyolder sebuah resistor.
Mulailah dengan menerapkan fluks pada semua bantalan pada papan sirkuit.
Terapkan beberapa solder ke salah satu bantalan sudut chip.
Tempatkan dan selaraskan chip dengan menggunakan pinset.
Pegang chip di tempat sambil menyentuh alas sudut dengan ujung solder sehingga solder mencairkan pin dan padnya bersama-sama.
Periksa kesejajaran chip. Jika tidak pada tempatnya, gunakan solder Anda untuk melonggarkan pin chip dan menyelaraskan chip dengan benar.
Lanjutkan solder di sudut yang berlawanan dengan meletakkan sedikit solder pada ujung pemanas solder lalu sentuh papan sirkuit pad dan pin pada saat bersamaan. Lakukan ini untuk semua pin chip, satu per satu.
Setelah semua pin disolder, Anda harus memeriksa sambungan solder dengan hati-hati dengan mikroskop atau pembesar untuk memeriksa sambungan buruk atau jembatan solder.

Metode alternatif

Ada beberapa metode alternatif untuk smd solder. Di bawah ini, saya akan menjelaskan dua metode yang saya gunakan.

Menggunakan pasta solder

Mulailah dengan menerapkan fluks ke papan sirkuit. Kemudian oleskan solder paste pada semua bantalan komponen yang ingin Anda solder.
Menggunakan pinset, letakkan komponen pada posisi yang benar dan tahan di sana. Letakkan ujung solder ke setiap bantalan sehingga solder meleleh dan membuat hubungan baik antara komponen dan papan.

Banjir dengan solder

Metode ini untuk chip penyolderan.
Seperti biasa mulai dengan mengaplikasikan fluks ke bantalan pada papan sirkuit. Kencangkan salah satu pin sudut chip ke bantalannya dengan menggunakan sedikit solder. Pastikan chip benar sejajar dengan bantalannya.
Sekarang gunakan solder besi Anda dan banjir pin dengan solder sehingga semua pin terhubung. Pada gambar di bawah, hanya beberapa pin yang tergenang, tapi idenya adalah membanjiri semua pin.
Kemudian mulai di satu ujung dan panaskan pin sehingga solder meleleh pada 2-3 pin berikutnya. Gunakan pengisap solder untuk menyedot kelebihan solder.
Lanjutkan turun deretan dan panaskan 2-3 pin sekaligus saat Anda menyedot soldernya. Setelah semua solder berlebih dilepas, periksalah jembatan solder dengan mikroskop.
Metode pematerian SMD yang tidak dibahas di sini adalah oven reflow .
Ini adalah metode penyolderan yang paling umum di dunia profesional.

Itulah tadi Artikel Cara Melakukan SMD Soldering Menggunakan Besi solder
Semoga artikel Cara Melakukan SMD Soldering Menggunakan Besi solder yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya... , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel yang sengaja kami pilihkan pada halaman di bawah ini juga tertarik untuk membacanya. Jika anda tidak sedang terburu buru saya akan merasa sangat bahagia jika anda berkenan mampir dulu pada beberapa artikel yang telah saya pilih kan dibawah ini.

Terimakasih kami ucapkan karena atas kunjungan anda dihari ini pada artikel Cara Melakukan SMD Soldering Menggunakan Besi solder dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong ya dibagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang hal ini, bagikan artikel ini dengan alamat link http://tutorelektro.blogspot.com/2017/09/cara-melakukan-smd-soldering.html
Juhadi Kulon Progo
About
Cara Melakukan SMD Soldering Menggunakan Besi solder - written by Juhadi Kulon Progo , published at 22.39.00, categorized as Tutorial
Comment disabled
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->