Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04

by Juhadi Kulon Progo , at 19.25.00
Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04 - Hallo sahabatku, Elektronika Analog dan Digital, Kita jumpa lagi di hari ini, . Pada Artikel ini. saya akan coba bagikan sebuah artikel dengan judul Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04, kami telah mempersiapkan artikel ini sepesial buat anda untuk sekedar berbagi saja ya.... siapa tau didalam isi artikel in bermanfaat buat anda. Kami berharap isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini bisa anda pahami dengan mudah. Langsung aja yaa...kita mulai, Dan selamat membaca.

Baca juga


Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04 juga bisa di lihat dari Gelombang ultrasonik yaitu gelombang bunyi yang memiliki frekuensi amatlah tinggi yaitu 20.000 Hz. Bunyi ultrasonik tak bisa di dengar oleh telinga manusia. Bunyi ultrasonik bisa didengar oleh anjing, kucing, kelelawar, serta lumba-lumba. Bunyi ultrasonik nisa merambat melewati zat padat, cair serta gas. Reflektivitas bunyi ultrasonik di permukaan zat padat hampir sama dengan reflektivitas bunyi ultrasonik di permukaan zat cair.

Sensor ini merupakan sensor ultrasonik siap pakai, satu alat yang berfungsi sebagai pengirim, penerima, dan pengontrol gelombang ultrasonik. Alat ini bisa digunakan untuk mengukur jarak benda dari 2cm – 4m dengan akurasi 3mm. Alat ini memiliki 4 pin, pin Vcc, Gnd, Trigger, dan Echo. Pin Vcc untuk listrik positif dan Gnd untuk ground-nya. Pin Trigger untuk trigger keluarnya sinyal dari sensor dan pin Echo untuk menangkap sinyal pantul dari benda.

Cara menggunakan alat ini yaitu: ketika kita memberikan tegangan positif pada pin Trigger selama 10uS, maka sensor akan mengirimkan 8 step sinyal ultrasonik dengan frekuensi 40kHz. Selanjutnya, sinyal akan diterima pada pin Echo. Untuk mengukur jarak benda yang memantulkan sinyal tersebut, maka selisih waktu ketika mengirim dan menerima sinyal digunakan untuk menentukan jarak benda tersebut. Rumus untuk menghitungnya sudah saya sampaikan di atas

Cara Kerja

Sensor ini dimulai dari gelombang ultrasonik dengan frekuensi tertentu yang dibangkitkan melewati alat yang disebut juga dengan nama piezoelektrik sebagai transmitter.
Alat ini akan menghasilkan gelombang ultrasonik yang berfrekuensi 40kHz  (sesuai dengan osilator yang terpasang pada sensor).
Biasanya alat ini akan memancarkan gelombang pada suatu target dan jika sudah mengenai permukaan target, maka gelombang tersebut akan terpantulkan kembali.
Pantulan gelombang tersebut akan diterima oleh piezoelektrik (receiver) dan kemudian sensor akan mengkalkulasi perbedaan antara waktu pengiriman dan waktu gelombang pantul yang diterima.
Ilustrasi cara kerja Sensor Ultrasonic
ilustrasi prinsip kerja sensor ultrasonic
Keterangan :
Pemancar ultrasonik akan memancarkan gelombang dengan frekuensi 40kHz dengan jeda waktu tertentu.
Kecepatan rambat gelombang bunyi yaitu kisaran 340 m/s.
Sesudah gelombang pantulan mengenai alat penerima, gelombang tersebut akan diolah untuk dihitung jarak benda tersebut.
Rumus jarak benda dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :
S = 340.t/2
S = Jarak
t = Selisih waktu dipancarkan dan waktu diterima gelombang

Sumber :

Keyword :
sensor ultrasonik hc sr04 arduino, kelebihan dan kekurangan sensor ultrasonik hc sr04, program sensor ultrasonik dengan led, sensor ultrasonik dan lcd arduino, proyek arduino menggunakan sensor ultrasonik, program arduino sensor ultrasonik dan lcd, sensor ultrasonik hc sr04 harga

Itulah tadi Artikel Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04
Semoga artikel Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04 yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya... , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel yang sengaja kami pilihkan pada halaman di bawah ini juga tertarik untuk membacanya. Jika anda tidak sedang terburu buru saya akan merasa sangat bahagia jika anda berkenan mampir dulu pada beberapa artikel yang telah saya pilih kan dibawah ini.

Terimakasih kami ucapkan karena atas kunjungan anda dihari ini pada artikel Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04 dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong ya dibagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang hal ini, bagikan artikel ini dengan alamat link http://tutorelektro.blogspot.com/2020/04/cara-kerja-sensor-ultrasonic-hc-sr04.html
Juhadi Kulon Progo
About
Cara Kerja Sensor Ultrasonic HC-SR04 - written by Juhadi Kulon Progo , published at 19.25.00, categorized as Tutorial
Comment disabled
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->